Dua kali, Sleman Kunjungi Banyuasin Belajar Tentang E-Voting

PANGKALAN BALAI — Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Secara Elektronik (Pilkades e-Voting) yang sukses digelar Pemkab Banyuasin menjadi alasan Kunjungan Kerja Pemkab Sleman untuk kedua kalinya. Kunjungan kerja (Kunker) Kabupaten Sleman, Jogyakarta diadakan di ruang Rapat Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banyuasin, Selasa (29/01).

Sebelumnya, di tahun 2018, Bupati Sleman melakukan kunjungan pertama kalinya ke Bumi Sedulang Setudung ini. Sebanyak 35 orang rombongan kabupaten Sleman diterima langsung Kepala Dinas Kominfo Erwin Ibrahim, S.T.,M.M.,M B A.

Acara dibuka oleh Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banyuasin dan dilanjutkan sambutan dari Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Banyuasin, Erwin Ibrahim, S.T.,M.M.,M B A.

“Selamat datang di kabupaten Banyuasin, Kota Pangkalan Balai dan terimakasih banyak atas kunjungan Bapak dan Ibu,” ucap Erwin.

“Terimakasih juga sudah menjadikan Kabupaten Banyuasin sebagai tempat studi banding atau rujukan untuk belajar tentang Pemilihan Kepala Desa Secara Elektronik (E-Voting) untuk kedua kalinya. Kami merasa kepercayaan besar diberikan oleh Kabupaten Sleman, Jogjakarta kepada Kabupaten Banyuasin,” tambahnya.

Dilanjutkan dengan penjelasan tentang Pemilihan Kepala Desa Secara Elektronik dari Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2017 tentang Perubahan atas Peraturan Daerah nomor 1 Tahun 2015 tentang Tata Cara Pemilihan Kepala Desa dan Peraturan Bupati nomor 115 Tahun 2017 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa dalam Kabupaten Banyuasin oleh Kepala Bidang Pemerintah Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Banyuasin, Joni Gunawan, S.Sos., M.M.

Kemudian dijelaskan tentang Daftar Potensial Pemilih Pilkades(DP4), Daftar Pemilih Sementara (DPS), dan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten oleh Kepala Bidang Pengelola Informasi dan Administrasi (PIA), Hendri Yuska.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan demo penggunaan aplikasi eVoting yang disertai dengan menggunakan e KTP. Dalam pelaksanaan Pilkades e-Voting ini, Sumber Daya Manusia harus benar-benar dituntut ahli dan paham betul bagaimana cara mengelola aplikasi ini, karena kalau tidak teliti maka akan berakibat fatal dalam pembuatan surat suara. Dan dalam hal Trouble alat SDM dituntut mengerti dan cepat tanggap dalam mengatasinya. Ada 2 TIM yang dibentuk dalam pelaksanaan eVoting ini yaitu TIM INTI yang bertugas membuat surat suara serta melatih SDM sampai mengatasi cara trouble alat. Dan yang kedua TIM Teknis lapangan yang bertugas menjalankan dan mendemokan alat.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyuasin, Kepala Bidang Pemerintah Desa, Dinas Pemerdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Banyuasin, Kepala Bidang Pengelola Informasi dan Administrasi, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Banyuasin, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Sleman, Jogyakarta, Para Kepala Desa Kabupaten Sleman, Jogjakarta.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*