Segera Hadir, Aplikasi Sembilang Smart City

PANGKALAN BALAI — Untuk kemudahan masyarakat dalam mendapat informasi dan pelayanan publik, Aplikasi Sembilang Smart City bakal segera diluncurkan Pemkab Banyuasin. Aplikasi ini merupakan serambi pelayanan publik yang terintegrasi dengan tujuan agar memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dalam aktivitasnya. “Aplikasi ini untuk semua warga, khususnya warga Banyuasin supaya tidak susah lagi mencari pelayanan publik di Banyuasin” kata Bupati Supriono di Ruang Rapat Bupati Banyuasin (29/06).

Aplikasi berbasis Mobile Smartphone ini dapat diakses di Android juga iPhone. Bupati Banyuasin Ir. SA Supriono, MM memperkenalkan langsung aplikasi ini didepan para Kepala OPD Banyuasin. Didampingi Kepala Dinas Kominfo Erwin Ibrahim, ST., MM., M.BA dan Asisten Pemerintahan dan Sosial Dr HM Senen Har, S.Ip., M.Si, Bupati Supriono mengatakan banyak manfaat yang akan dirasakan masyarakat dengan kehadiran semblilang smart city ini.

Rencananya pada 5 Juli 2018 bakal di launching secara resmi oleh Bupati Supriono, namun sebelum itu Pemkab Banyuasin mempersiapkan dengan meminta dukungan seluruh kepala OPD dilingkungan Pemkab Banyuasin atas Aplikasi Sembilang tersebut.

Supriono menekankan kepada semua OPD dilingkungan Pemkab Banyuasin yang mencakup pelayanan publik untuk menandatangani komitmen sehingga Aplikasi Sembilang berjalan sesuai harapan bersama.

“Memang kita ingin mempermudah pelayanan, memangkas birokrasi supaya tidak ada pungli dengan cara memudahkan jangkauan masyarakat dan memperpendek rentang kendali. Aplikasi Sembilang diyakini masyarakat mendapatkan pelayanan berhari-hari tapi cukup hitungan detik selesai,”katanya.

Dirinya berkeinginan diluncurkan Aplikasi Sembilang ini dapat mendidik masyarakat dengan kemajuan teknologi sekarang. Menurutnya ini langkah awal mewujudkan Smart City di Banyuasin kalau tidak sekarang kapan lagi, tidak mudah Pemerintah menuju cita-cita Good Governance kalau tidak diupayakan sekarang.

“Kedepan semua pelayanan terintegratif disatu tempat sehingga masyarakat tidak sulit lagi mencari informasi yang dibutuhkan apapun itu, apalagi mudah diakses dan setiap saat selalu update,” pungkasnya.

Kepala Dinas Komunikasi dan Erwin Ibrahim menjelaskan Aplikasi Sembilang smart city ini untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi pelayanan publik di Pemkab Banyuasin maupun semua stake holder pemerintah. “Banyak informasi dan pelayanan publik yang ada dalam aplikasi ini, jadi pelayanan informasi dan pelayanan publik ada dalam genggaman” ujar Erwin

“Selama ini pelayanan dilakukan secara terpisah-pisah (Partial) Terkadang menyulitkan dan membingungkan masyarakat sehingga muncul ide Aplikasi Sembilang agar bisa membantu masyarakat mendapat informasi seluas-luasnya,” bebernya.

Selain itu, Masyarakat yang membutuhkan informasi pelayanan publik ini, jelas Erwin dapat menelepon Call Centre 112. atau download Aplikasi Sembilang di androidnya. Manfaatnya dapat mengakses semua informasi apa saja yang dibutuhkan yang berurusan dengan OPD seperti Dinas Dukcapil, Damkar, Dinas kesehatan, Dinas Perhubungan, Polres, Disnakertran dan lainnya.

Untuk menunjang pelayanan ini ia berharap seluruh pelayanan publik di masing-masing instansi terpadu dapat memberikan informasi kepada masyarakat secara cepat dan responsif. Lebih lanjut meminta setiap OPD dapat menempatkan pegawainya di ruang kerja Sembilang di Sekretariat Daerah Kabupaten Banyuasin.

“Untuk pelayanan publik yang cepat san mudah, silakan Download Aplikasi Sembilang Smart City pada ponsel anda” himbau Erwin.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*