Penerapan e-Government Kabupaten Banyuasin Jadi Rujukan Kabupaten Sijunjung

PANGKALAN BALAI — Keberhasilan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam penerapan layanan berbasis elektronik (E-Government) menjadi magnet bagi daerah lain untuk datang. Kali ini giliran Pemerintah Kabupaten Sijunjung Provinsi Sumatera Barat berkesempatan untuk berkunjung ke Banyuasin, Senin (09/04).

Rombongan sebanyak 10 orang yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Walbardi tersebut diterima langsung Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Erwin Ibrahim, ST., MM., MBA di Ruang Rapat Dinas Komunikasi Informasi Kabupaten Banyuasin. Turut hadir dalam kunjungan Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Sijunjung.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Komisi II DPRD Sijunjung Aprisa I Putra Bungsu menyampaikan maksud kunjungannya dalam rangka mempelajari penerapan teknologi informasi e-Government. Ia berharap kedepannya Kabupaten Sijunjung dapat menerapkan kebijakan terkait pemanfaatan teknologi seperti yang telah diterapkan Pemerintah Kabupaten Banyuasin terutama dalam hal e-Programming dan e-Budgeting.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Banyuasin Erwin Ibrahim, ST., MM., MBA mengungkapkan kegembiraannya atas kedatangan legislator dari Kabupaten Sijunjung. “Selamat datang di Bumi Sedulang Setudung, kami merasa terhormat kedatangan tamu dari Kabupaten Sijunjung” ucap Erwin mengawali sambutan

Ia menjelaskan secara singkat tentang alur government resources management system e-Government. Mulai dari Musrenbang, e-Budgeting, e-Project, e-Procurement, e-Delivery, e-Controlling dan e-Performance.

Erwin Ibrahim menambahkan, pengembangan dan penerapan TIK dalam proses administrasi pemerintahan dan pelayanan publik Kabupaten Banyuasin, karena memang merupakan sebuah kebutuhan agar dalam melakukan proses pemerintahan lebih efektif dan efisien.

Untuk memberikan pelayanan yang optimal, Pemkab Banyuasin memiliki media center dimana warga bisa langsung menghubungi dari banyak media untuk menampung saran dan masukan serta keluhan masyarakat.

Turut mendampingi Plt. Sekretaris Dinas Irham Wijaya, SH., Kabid Layanan E-Government Libriliana, S.Kom., M.Kom, Kabid PDIPS Rinawati, S.Sos., beserta Kasi dan staf Dinas Kominfo Banyuasin.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*